header-int

Telaah Kurikulum Program Studi Bahasa dan Sastra Arab

Rabu, 06 Jun 2018, 11:04:03 WIB - 248 View
Share
Telaah Kurikulum Program Studi Bahasa dan Sastra Arab

Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora telah melaksanakan acara telaah kurikulum pada program studi Bahasa dan Sastra Arab, hadir dalam narasumber kali ini Dr. Istiningsih, M.Pd dari UIN Sunan Kalijaga dan sambutan Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora Dr. Abdul Haris, M.Ag. Menurut Dekan Ushuluddin dalam sambutannya mengatakan dengan di adakannya Telaah kurikulum ini kami berharap ada nilai positif yang di dapatkan oleh kami khususnya Program Studi Bahasa dan Sastra Arab yang akhir-akhir ini akan melakukan Reakreditasi Program Studi.

Sedangkan menurut Dr.Istiningsih, M.Pd mengatakan Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di Perguruan Tinggi. Pengembangan Kurikulum Tingkat perguruan tinggi yang beragam mengacu pada KKNI  nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional.

KKNI merupakan perwujudan mutu dan jati diri bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan nasional, sistem pelatihan kerja nasional, dan sistem penilaian kesetaraan capaian pembelajaran (learning outcomes) nasional, yang dimiliki Indonesia untuk menghasilkan sumber daya manusia nasional yang bermutu dan produktif. KKNI menyatakan sembilan jenjang kualifikasi sumber daya manusia Indonesia yang produktif. Deskripsi kualifikasi pada setiap jenjang KKNI secara komprehensif mempertimbangkan sebuah capaian pembelajaran yang utuh, yang dapat dihasilkan oleh suatu proses pendidikan baik formal, non formal, informal, maupun pengalaman mandiri untuk dapat melakukan kerja secara berkualitas.

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2018 Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora IAIN Jember Follow Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora IAIN Jember : Facebook Twitter Linked Youtube